supplier produk MLM

Tips Memilih Supplier Produk MLM Terbaik yang Aman

Posted on

Dalam bisnis MLM, peran supplier produk MLM sangat krusial sekali karena merekalah yang berperan penting dalam memastikan ketersediaan produk ketika mulai dipasarkan. 

Tanpa ketersediaan produk yang stabil, tentu bagian marketing dan penjualan juga akan terhambat, bukan? Pada akhirnya, yang dirugikan adalah brand produk itu sendiri karena kehilangan kesempatan mendapatkan profit. 

Oleh karena itu, aspek produksi merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam keseluruhan proses sebuah bisnis. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu supplier produk MLM, bedanya dengan supplier biasa hingga bagaimana tips mencari supplier MLM terbaik. 

Apa itu supplier produk MLM 

Supplier produk MLM merupakan perusahaan maupun perorangan yang bertugas untuk memproduksi barang yang kemudian dipasok ke pihak lain. 

Pihak lain yang dimaksud dalam hal ini adalah brand yang bisa jadi tidak memiliki kemampuan produksi sendiri sehingga mengandalkan pihak lain seperti jasa maklon. 

Misalnya, ada sebuah brand produk herbal yang sedang membangun jaringan marketing menggunakan sistem MLM. Untuk menghemat produksi, mereka biasanya meminta jasa maklon herbal untuk membuatkan produk herbal yang sesuai dengan kriteria produk mereka. 

Dengan cara ini, pihak brand bisa lebih menghemat budget karena urusan produksi sudah ditangani oleh perusahaan maklon sehingga mereka bisa fokus saja ke penjualan. 

Perbedaan supplier biasa dengan supplier produk MLM 

Apa sih bedanya supplier produk MLM dengan supplier produk biasa? Berikut ini adalah beberapa perbedaanya. 

1. Lebih inovatif 

Supplier produk MLM dituntut lebih inovatif agar dapat menarik konsumen untuk membeli dan sesuai dengan tren yang ada di pasaran saat ini. 

Produk harus memiliki nilai lebih ketimbang kompetitor lain karena pemasaran MLM yang biasanya dilakukan dari mulut ke mulut. 

Oleh karena itu, supplier produk MLM juga biasanya memiliki bagian research and development serta research scientific support yang bisa membantu brand MLM dalam mengembangkan produknya. 

2. Minimum Order Quantity (MOQ) yang kecil 

Inilah perbedaan supplier produk MLM yang signifikan yakni soal fleksibilitas MOQ. Minimum Order Quantity merupakan jumlah minimal produk yang harus dibeli oleh brand kepada perusahaan maklon atau perusahaan supplier produk MLM. 

Perusahaan supplier MLM biasanya berlomba-lomba dalam menerapkan MOQ yang lebih fleksibel sehingga lebih terjangkau oleh brand. 

Jika brand belum besar namanya atau baru saja memulai bisnisnya, maka MOQ yang kecil bisa sangat membantu. 

3. Kualitas produk 

Supplier produk MLM biasanya memiliki kualitas produk yang lebih bagus ketimbang supplier produk yang biasa karena mereka dituntut agar bisa bersaing dengan kompetitor. 

Selain itu, karena produk MLM dijual ke teman atau kenalan terdekat, maka kualitas produk merupakan jaminan utama agar mereka mau membeli. 

Keunggulan lainnya, brand juga dapat mengontrol kualitas produk yang dihasilkan oleh produsen agar sesuai dengan standar mereka. 

Tips mencari supplier produk MLM untuk produk herbal 

Mencari supplier produk MLM memang gampang-gampang susah. Anda mesti cermat dalam menilai kapasitas dan kapabilitas mereka dalam memproduksi barang yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan guna mencari supplier produk herbal terbaik untuk MLM. 

1. Lihat profil dan pengalaman perusahaan 

Berbicara bisnis pada akhirnya adalah berbicara mengenai produk itu sendiri. Karena itu, Anda tidak boleh asal-asalan dalam mencari perusahaan supplier produk MLM yang akan memproduksi produk Anda. 

Hal yang paling sederhana, Anda bisa mengecek website mereka. Apakah mereka memiliki website yang jelas menerangkan usaha mereka atau tidak. 

Kemudian, cek portofolio bisnis apa saja yang mereka telah hasilkan selama ini. Usahakan untuk memilih perusahaan maklon yang telah berpengalaman sehingga Anda bisa lebih yakin dengan profesionalismenya. 

2. Memiliki business consultant yang bagus 

Perusahaan supplier produk MLM yang bagus pasti memiliki business consultant yang tanggap dan informatif. 

Mereka dapat membantu Anda terkait dengan konsep produk apa yang sebaiknya dibuat, bagaimana cara memproduksinya hingga apakah produk tersebut akan menarik di pasar atau tidak. 

Jadi, supplier produk MLM terbaik tidak hanya membantu proses produksi agar berjalan lancar saja. Melainkan membantu brand Anda tumbuh dan terus berkembang sesuai dengan perkembangan pasar. 

3. Pastikan kemampuan produksinya 

Tips lainnya dalam memilih supplier produk MLM yang bagus adalah memastikan kapasitas produksi dari produsen atau perusahaan jasa maklon yang bersangkutan. 

Jangan ragu untuk menanyakan berapa kapasitas produksi yang mereka hasilkan setiap harinya. Dan apakah mereka sanggup untuk memenuhi permintaan produksi untuk produk Anda. 

Ini sangat penting agar jangan sampai pihak produsen gagal memenuhi permintaan produk yang pada akhirnya merugikan bisnis Anda. 

4. Harganya bersaing 

Anda bisa mencoba untuk membandingkan harga dari beberapa perusahaan jasa maklon maupun supplier produk MLM untuk dipertimbangkan. 

Pastikan untuk membandingkan harga yang sama, seperti harga per unit atau harga per satuan produksinya. 

Mendapatkan supplier yang memiliki kapasitas produksi besar dan berkualitas serta harga yang terjangkau adalah kunci kesuksesan bisnis Anda. Terlebih lagi jika produk yang Anda jual cukup ketat persaingannya. 

5. Punya fitur cek keaslian produk 

Produk MLM biasanya dijual ke teman dekat, kerabat atau sahabat sehingga unsur kepercayaan adalah hal yang sangat krusial. 

Beberapa perusahaan maklon saat ini telah memiliki fitur untuk memeriksa keaslian produk dalam bentuk website sehingga konsumen bisa memeriksa keaslian produk yang mereka miliki. 

Hal ini sangat penting sekali mengingat semakin banyaknya oknum tidak bertanggungjawab yang memalsukan produk untuk kepentingan mereka sendiri. 

Produk MLM yang paling populer di Indonesia 

Di Indonesia, MLM telah menjadi salah satu metode pemasaran yang populer untuk menjual berbagai macam produk. 

Berbagai jenis produk ditawarkan menggunakan sistem MLM ini, dari produk kesehatan dan kecantikan hingga produk makanan dan minuman. 

Berikut adalah produk MLM yang mungkin dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin memulai bisnis. 

Produk herbal 

Produk herbal adalah produk yang terbuat dari bahan-bahan alami yang diperoleh dari tumbuh-tumbuhan. Produk ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang hendak membangun bisnis MLM. 

Beberapa produk herbal yang populer di antaranya adalah teh herbal, obat herbal, suplemen herbal, kosmetik herbal, dan lain sebagainya.

Tidak perlu bingung jika Anda belum memiliki kemampuan produksi yang mumpuni karena saat ini ada banyak perusahaan jasa maklon yang bisa membuatkannya untuk Anda. 

Produk make up dan kecantikan 

Produk kecantikan juga banyak diminati sebagai produk MLM karena memang kebutuhannya yang cukup tinggi. 

Meskipun sudah banyak pemain besar, namun potensi bisnis MLM untuk kategori make up dan kecantikan ini cukup besar karena konsumen seringkali mencari produk yang benar-benar sesuai dengan karakter wajah atau kulit mereka. 

Inilah yang dapat menjadi peluang Anda jika ingin membangun bisnis produk make up dan kecantikan. 

Tupperware dan perlengkapan rumah 

Tupperware sudah lama terkenal sebagai produk yang bisa dijual menggunakan sistem MLM. Biasanya, produk ini sangat laku di kalangan ibu-ibu. 

Tupperware dan perlengkapan rumah merupakan produk yang populer di pasaran dan cocok untuk dijual melalui sistem MLM karena kebutuhannya yang tinggi dan sangat pas jika dijual door to door. 

Produk suplemen 

Suplemen juga cocok jika dijadikan sebagai produk MLM karena produk ini akan sangat efektif jika penjualannya dilakukan secara langsung. 

Produk suplemen dapat berupa vitamin, mineral, protein, atau bahan alami lainnya yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan. 

Demikianlah pembahasan mengenai tips memilih supplier MLM terbaik. Semoga bermanfaat, ya. Baca juga artikel menarik dari Greenlife Harvest seperti cara cek produk BPOM dan daftar obat pelangsing yang terdaftar di BPOM.

Greenlife Harvest, supplier MLM terbaik untuk bisnis Anda

Greenlife Harvest merupakan perusahaan jasa maklon terbaik di Indonesia yang dapat membantu Anda untuk memproduksi produk MLM. 

Dengan pengalaman kami di sejumlah negara, kami dapat membantu Anda untuk membuat produk herbal, suplement hingga produk kecantikan dan skincare. 

Greenlife Harvest menawarkan minimum order quantity yang rendah sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan eksperimen produk di pasar dengan biaya yang jauh lebih terjangkau. 

Jangan khawatir bila Anda baru saja terjun dalam bisnis herbal karena tim research and development kami siap membantu merancang produk Anda.

Pertanyaan seputar supplier produk MLM

Apa yang harus dipertimbangkan dalam memilih supplier produk MLM?

Dalam memilih supplier produk MLM terbaik, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal antara lain kualitas produk, reputasi dan track record supplier itu sendiri. Selain itu, dukungan dan pelatihan dari supplier serta kebijakan kompensasi dan bonus dari supplier juga patut Anda pertimbangkan.

Apakah penting untuk memeriksa legalitas supplier produk MLM?

Ya, sangat penting untuk memeriksa legalitas supplier produk MLM untuk menghindari penipuan atau bisnis yang ilegal.

 

Gravatar Image
Syahid Muhammad adalah mantan jurnalis di salah satu media nasional yang saat ini menjadi SEO content writer. Ia banyak menulis mengenai bisnis, finance dan kesehatan. Saat ini juga menjadi penulis lepas di Greenlifeharvest.com untuk memberikan edukasi mengenai informasi maklon, tips, dan bisnis.

Leave a Reply