maklon deodorant

Cara Memulai Bisnis Maklon Deodorant yang Menguntungkan

Posted on

Siapa sangka jika bisnis maklon deodorant memiliki prospek bisnis yang menarik karena kebutuhannya yang selalu ada dan belum banyak pemain lokal yang “bermain” di bisnis ini. Kebanyakan bisnis deodorant masih didominasi oleh produsen asing. 

Produk deodorant merupakan salah satu bagian dari produk personal care yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir dengan pasarnya. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas peluang bisnis deodorant, jenis deodorant dan bagaimana cara memulai bisnisnya. 

Peluang bisnis maklon deodorant 

Berdasarkan data dari Fast Moving Consumer Goods (FMCG), produk personal care mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan yakni 10,7% pada tahun 2022. Menariknya, peningkatan didominasi oleh produk oral care dan deodorant. 

Manfaat deodorant juga semakin berkembang, tidak hanya untuk membuat wangi tubuh namun dapat sebagai pelindung dan pencerah kulit ketiak. 

Kesadaran masyarakat dengan perawatan tubuh juga semakin meningkat. Mereka mencari produk-produk personal care yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Jadi, memang sebagai peluang bisnis, produk deodorant ini sangat menarik sekali. 

Jenis-jenis deodorant 

Sebelum memutuskan untuk berbisnis deodorant, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa saja jenis deodorant yang ada di pasaran. 

Berbagai produk deodorant muncul seiring dengan inovasi dan tambahan nilai fungsi yang ingin diberikan kepada konsumen. 

Berikut beberapa jenis deodorant yang patut Anda ketahui. 

Deodorant Roll-on

Jenis deodorant roll-on termasuk jenis yang cukup populer di Indonesia. Produk ini memiliki sejumlah manfaat seperti mengusir bau ketiak yang mengganggu. 

Produk ini harganya terjangkau dan bentuknya mudah dibawa-bawa. Cara penggunaannya juga cukup mudah, hanya perlu dioleskan di ketiak. 

Beberapa manfaat deodorant yakni sebagai berikut: 

  • Memperlambat pertumbuhan bakteri, terutama pada bagian ketiak
  • Memberikan efek wangi pada ketiak yang lebih tahan lama. 
  • Melembabkan kulit ketiak

Deodorant Spray

Jenis deodorant yang tidak kalah populernya lagi adalah jenis deodorant spray yang cukup laris di pasaran. Keunggulan dari jenis deodorant ini adalah tidak menimbulkan bercak kuning di pakaian. 

Sama halnya dengan deodorant roll-on, jenis deodorant yang satu ini juga mudah dibawa-bawa dan dapat memberikan efek wangi serta segar pada ketiak. 

Deodorant Powder

Bisa dibilang, produk deodorant ini merupakan produk deodorant generasi pertama. Produk ini dapat memberikan efek lengket di kulit dan minim iritasi. 

Namun, produk jenis ini kurang disukai sekarang karena tidak bertahan lama seperti jenis deodorant lainnya. Jika konsumen memiliki aktivitas yang lumayan tinggi, kurang cocok menggunakan jenis deodorant ini. 

Deodorant Stick

Dari segi bentuknya, deodorant stick ini sebenarnya mirip dengan deodorant roll-on, hanya saja isinya adalah gel. Keunggulan dari jenis deodorant ini yakni lebih tahan lama dan praktis untuk dibawa-bawa. 

Deodorant Lotion

Produk deodorant lotion tidak hanya berguna untuk mengharumkan ketika, namun juga dapat melembabkan kulit ketiak. 

Produk ini umumnya dibekali dengan bahan-bahan whitening agent yang dapat memutihkan ketiak. Dari segi peluang bisnisnya, produk ini sangat menarik karena mulai banyak orang yang mencari produk personal care untuk memutihkan ketiak. 

Langkah-langkah memulai bisnis maklon deodorant 

Jika Anda tertarik dengan bisnis deodorant, salah satu cara yang bisa kamu tempuh adalah dengan menghubungi perusahaan maklon yang memiliki jasa maklon kosmetik

Perusahaan maklon adalah perusahaan yang dapat membantu pengusaha untuk memproduksi berbagai produk sehingga pengusaha bisa membangun bisnis tanpa harus memiliki pabrik sendiri. 

Dari segi bisnis, sistem ini dianggap lebih efisien karena pengusaha tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu banyak untuk membangun bisnis. Terlebih lagi, jika Anda baru memulai bisnisnya. 

Berikut langkah-langkah membangun bisnis deodorant yang perlu Anda lakukan. 

Buat rencana bisnis yang matang 

Perencanaan merupakan faktor yang penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Tanpa perencanaan yang bagus, usaha Anda tidak akan berkembang dengan benar. 

Buatlah perencanaan terkait dengan pasar yang Anda ingin tuju, produk apa yang ingin Anda buat dan apakah produk tersebut dapat diterima di pasar atau tidak nantinya. 

Anda juga dapat membuat analisis kompetitor untuk mengetahui apa saja yang mereka lakukan, baik dari segi pengembangan produk hingga penjualan dan marketingnya. 

Bentuk konsep produk deodorant 

Setelah memiliki pengetahuan yang cukup, kamu bisa melanjutkan rencana bisnis kamu dengan membuat konsep produk. 

Jika menggunakan jasa maklon deodorant, kamu bisa berkonsultasi dengan pihak reserch and development mengenai konsep produk seperti apa yang sebaiknya kamu buat. 

Konsep produk terdiri dari nilai utama sebuah produk, manfaat yang diberikan dan keunggulan apa saja yang tidak ada ditawarkan oleh kompetitor. 

Siapkan modal 

Harus diakui, setiap bisnis pasti membutuhkan yang namanya modal. Namun, dengan menggunakan jasa maklon, kamu bisa menekan modal awal secara efisien sehingga tidak memerlukan modal yang terlalu besar. 

Kamu tidak perlu merekrut karyawan, tidak perlu merekrut tim riset dan lain sebagainya. Perusahaan jasa maklon memiliki itu semua dan bisa membantu Anda. 

Perusahaan maklon yang bagus biasanya lebih fleksibel soal minimum order sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan modal Anda. Tidak perlu terlalu buru-buru untuk memproduksi deodorant dalam jumlah besar, Anda bisa meningkatkanya secara bertahap. 

Jangan lupakan soal legalitas 

Bisnis produk personal care memang gampang-gampang susah. Dibilang susah karena Anda mesti mengantongi izin dari badan-badan terkait seperti BPOM. 

Hal ini penting dan jangan sampai diabaikan karena merupakan satu bentuk tanggung jawab kepada konsumen. 

Nah, dengan menggunakan jasa maklon, kamu tidak perlu khawatir soal hal ini karena perusahaan jasa maklon biasanya sudah memberikan fasilitas terkait dengan perizinan edar produk yang dibuatnya. 

Jadi, Anda bisa lebih fokus pada hal-hal lain seperti meningkatkan bisnis ke depan. 

GreenLife Harvest merupakan perusahaan jasa maklon terbesar di Indonesia yang dapat membantu Anda memproduksi produk herbal dan kosmetik, termasuk produk-produk personal care. 

Kami memiliki pengalaman selama bertahun-tahun di berbagai negara untuk membantu pengusaha membangun bisnis mereka. 

Bangun bisnis deodorant kamu bersama Greenlife Harvest 

Greenlife Harvest adalah perusahaan jasa maklon terpercaya yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi pengusaha yang ingin memproduksi deodoran berkualitas tinggi.

Sebagai perusahaan jasa maklon terkemuka, Greenlife Harvest menawarkan solusi lengkap untuk memenuhi kebutuhan bisnis deodorant Anda.

Dari pengembangan formula dan produksi hingga kemasan dan pengiriman, kami akan membantu Anda menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan merek Anda.

Kami juga menggunakan bahan-bahan alami dan ramah lingkungan untuk memberikan produk yang lebih aman dan sehat bagi pengguna.

Dengan tim ahli kami yang berpengalaman dan infrastruktur produksi yang modern, Greenlifeve Harvest siap membantu bisnis deodorant Anda tumbuh dan berkembang.

Pertanyaan seputar maklon deodorant

Bagaimana strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis deodorant?

Strategi pemasaran efektif yang bisa Anda coba untuk bisnis deodorant meliputi kampanye iklan yang menarik, promosi dan diskon, kerjasama dengan influencer di media sosial, dan penggunaan media sosial untuk membangun brand awareness.

Apa tantangan yang dihadapi oleh bisnis deodorant?

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh bisnis deodorant adalah meningkatnya persaingan dari produk-produk baru yang lebih menarik dan inovatif. Selain itu, kekhawatiran konsumen tentang bahan-bahan kimia yang digunakan dalam deodoran, dan meningkatnya tren untuk deodoran alami atau organik juga bisa menjadi tantangan tersendiri.

 

Gravatar Image
Syahid Muhammad adalah mantan jurnalis di salah satu media nasional yang saat ini menjadi SEO content writer. Ia banyak menulis mengenai bisnis, finance dan kesehatan. Saat ini juga menjadi penulis lepas di Greenlifeharvest.com untuk memberikan edukasi mengenai informasi maklon, tips, dan bisnis.

Leave a Reply