cara membuat skincare sendiri

Cara Membuat Skincare Sendiri dengan Modal Minim hingga Bisa Dijual!

Posted on

Cara membuat skincare sendiri untuk dijual tidak sesulit yang dibayangkan, apalagi jika kamu menggunakana jasa maklon. Produk skincare semakin banyak diminati saat ini seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai produk-produk personal care. 

Bagi Anda yang memiliki sense bisnis tinggi, skincare dapat menjadi peluang usaha yang menarik, terutama di era digital seperti sekarang ini. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat skincare untuk dijual menggunakan jasa maklon kosmetik dan apa saja yang mesti diperhatikan. 

Langkah-langkah bisnis skincare

Produk personal care merupakan salah satu produk yang banyak dijual secara online dan peluangnya masih terbuka lebar. 

Banyak diantara para pengusaha skincare yang mulai dari kecil hingga akhirnya bisa menjadi produsen skincare yang besar. 

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti jika ingin membuka bisnis skincare sendiri.

1. Memiliki pengetahuan yang cukup

Syarat pertama untuk bisa membuat skincare sendiri, apalagi untuk dijual kembali adalah memiliki pengetahuan yang cukup tentang skincare. 

Ketahui jenis-jenis skincare, fungsi dan kegunaanya. Beberapa skincare memiliki perbedaan dari sisi penggunanya seperti antara laki-laki dan perempuan. 

Beberapa produk skincare memiliki fungsi yang spesifik misalnya menghilangkan bekas jerawat, membuat kulit tampak cerah dan lain sebagainya. 

Beberapa jenis skincare yang perlu Anda ketahui antara lain: 

  • Facial cleanser 
  • Facial wash 
  • Exfoliating Toner
  • Hydrating Toner
  • Essence
  • Booster
  • Serum
  • Moisturizer
  • Face Oil
  • Masker

2. Memastikan jenis skincare yang dibuat

Setelah Anda memahami dengan baik seluk beluk skincare, langkah selanjutnya dari cara membuat brand skincare sendiri yakni menentukan jenis skincare yang hendak dibuat. 

Pada tahap ini, Anda berarti sudah mengetahui  segmentasi pasar mana yang ingin dituju, produk yang akan dibuat dan spesifikasinya. 

3. Konsultasikan dengan ahlinya 

Ide hanya akan menjadi ide bila tidak direalisasikan. Dalam konteks cara buat produk skincare sendiri yang perlu Anda lakukan adalah mulai berkonsultasi dengan ahli terkait produk yang ingin diproduksi. 

Jika Anda menggunakan jasa maklon, Anda bisa berkonsultasi dengan departemen Business Development mengenai produk Anda. Apa saja kandungan dari skincare yang akan dibuat, berapa banyak produksinya, berapa harga jualnya, kapan harus didaftarkan ke BPOM dan lain sebagainya. 

Anda juga bisa berkonsultasi dengan pihak lain di luar jasa maklon seperti dokter untuk memastikan kandungan dan penggunaanya aman bagi tubuh. 

4.  Membuat sample produk 

Langkah selanjutnya cara membuat skincare sendiri adalah dengan membuat sample produk yang diperlukan untuk melihat kelayakannya sebelum akhirnya dipasarkan secara luas. 

Biasanya, perusahaan jasa maklon kosmetik memiliki fasilitas untuk pembuatan sample produk sehingga Anda bisa membuatnya dalam jumlah yang kecil dulu. 

5. Melakukan uji coba kelayakan 

Pada tahapan ini, kita biasanya memerlukan beberapa orang untuk mau diajak menggunakan produk skincare yang dibuat. 

Pada tahapan pengaplikasian, dapat dilihat efektivitas dari produk skincare yang dibuat. Selain itu, kita juga bisa melihat apakah produk skincare tersebut cocok untuk semua jenis kulit atau tidak. 

6. Urus legalitasnya 

Langkah terakhir dari cara membuat skincare untuk dijual adalah mengurus legalitasnya. Produk skincare harus mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Tujuannya, untuk memastikan produk memenuhi persyaratan objektivitas dan kelengkapan yang menyatakan bahwa produk tersebut adalah aman untuk dijual kepada  masyarakat. 

Jika Anda menggunakan jasa maklon, Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini karena perusahaan jasa maklon bisa membantu Anda mengurusnya ke pihak terkait. 

Bahkan bila perlu, perusahaan jasa maklon juga dapat membantu Anda mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

Syarat mendapatkan izin edar kosmetik BPOM 

Ketika berbicara mengenai cara buat produk skincare sendiri, kita harus berbicara mengenai izin BPOM. 

Izin diperlukan agar produk kosmetik yang diedarkan ke masyarakat memenuhi standar mutu dan standar keamanan. 

Adapun syarat-syarat yang diperlukan agar produk skincare Anda mendapatkan izin edar dari BPOM adalah sebagai berikut. 

  • Produsen kosmetik harus memenuhi kriteria keamanan, kemanfaatan, mutu, penandaan, dan klaim.
  • Produksi harus memenuhi ketentuan Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB).
  • Tempat produksi harus memenuhi syarat CPPOB dan lokasi produksi harus terpisah dengan dapur rumah tangga.
  • Sarana produksi harus memenuhi persyaratan Cara Produksi Kosmetika yang Baik (CPKB) untuk jenis sediaan yang akan dinotifikasi.
  • Pendaftaran izin edar di Badan POM hanya dapat dilakukan oleh pelaku usaha yang memiliki sarana produksi yang memenuhi syarat.
  • Pelaku usaha dapat mengajukan notifikasi untuk kosmetika yang dibuat berdasarkan kontrak.

Modal membuat brand kosmetik sendiri

Untuk membuat produk skincare memang membutuhkan cukup modal yang tidak sedikit. Namun, hal ini sebenarnya bisa disiasati dengan negosiasi bersama perusahaan jasa maklon. 

Umumnya, perusahaan jasa maklon menawarkan biaya mulai dari Rp30 juta untuk bisa membuat produk skincare sendiri. 

Biaya pembuatan sendiri tergantung pada sejumlah hal seperti bahan baku. Anda dapat menyesuaikan dengan jumlah produk yang hendak dibuat. 

Buat produk skincare Anda di GreenLife Harvest 

Greenlife Harvest merupakan perusahan jasa maklon terkemuka di Indonesia yang memiliki layanan maklon herbal, maklon minuman kesehatan dan maklon kosmetik. 

Sebagai salah satu perusahaan jasa maklon terbaik, kami memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam memproduksi dan mendistribusikan berbagai jenis produk herbal, produk minuman dan yang terbaru produk kosmetik. 

Dengan penggunaan bahan dan alat yang berteknologi tinggi, GreenLife Harvest siap membantu Anda untuk membuat brand skincare maupun brand kosmetik Anda sendiri. 

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat skincare sendiri sebagai peluang bisnis. Simak pula informasi menarik lainnya seputar skincare seperti syarat kemasan kosmetik dan cara memulai bisnis maklon deodorant di Greenlife Harvest.

Pertanyaan seputar cara membuat skincare sendiri

Apakah kosmetika yang dijual di Indonesia harus memiliki izin edar?

Ya, setiap kosmetika yang diedarkan di wilayah Indonesia wajib memiliki izin edar berupa notifikasi dari Kepala Badan POM. Notifikasi kosmetika adalah proses pengajuan izin edar yang harus dilakukan oleh produsen atau importir kosmetika kepada Kepala Badan POM sebelum produk kosmetika tersebut diedarkan di Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan maklon kosmetik?

Maklon kosmetik adalah layanan produksi kosmetik untuk pihak ketiga yang dilakukan oleh produsen kosmetik tertentu.

Maklon kosmetik dapat dilakukan oleh produsen kosmetik yang memiliki fasilitas produksi kosmetik, peralatan, tenaga ahli, dan sumber daya lain yang memadai untuk memproduksi kosmetik bagi pihak ketiga yang ingin memproduksi kosmetik dengan merek mereka sendiri.

Gravatar Image
Syahid Muhammad adalah mantan jurnalis di salah satu media nasional yang saat ini menjadi SEO content writer. Ia banyak menulis mengenai bisnis, finance dan kesehatan. Saat ini juga menjadi penulis lepas di Greenlifeharvest.com untuk memberikan edukasi mengenai informasi maklon, tips, dan bisnis.