biaya maklon kosmetik

Berapa Biaya Maklon Kosmetik? Ini Syarat dan Prosedurnya

Posted on

Anda mungkin sudah tahu bahwa produksi kosmetik membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara lain untuk memproduksi kosmetik dengan biaya yang lebih rendah? 

Jawabannya adalah dengan menggunakan jasa maklon kosmetik. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu maklon kosmetik, manfaatnya, dan biaya apa saja yang dibutuhkan untuk membuat brand kosmetik sendiri. 

Biaya maklon kosmetik 

Biaya maklon kosmetik adalah biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi kosmetik baik dari segi izin, pembuatan sample hingga biaya produksi massalnya nanti. 

Secara umum, biaya maklon kosmetik dapat dibagi menjadi tiga elemen yaitu biaya pembuatan sample produk, biaya perizinan dan biaya produksi. Berikut pembahasannya.  

1. Biaya pembuatan sample produk 

Biaya pembuatan sampel produk merupakan salah satu biaya yang harus dikeluarkan saat proses maklon. Pembuatan sampel produk bertujuan untuk menghindari kesalahan pada produk yang akan diproduksi secara massal. 

Dengan melihat sampel produk, Anda bisa memastikan bahwa produk yang akan diproduksi sesuai dengan yang diinginkan. Namun, biaya pembuatan sampel produk bisa ditekan dengan memilih perusahaan maklon yang memberikan kesempatan revisi. 

Dengan begitu, Anda bisa mengubah formulasi produk tanpa harus menghabiskan biaya di pembuatan sampel produk.

2. Biaya Perizinan

Biaya perizinan adalah biaya yang dibayarkan oleh pemohon untuk mendapatkan izin atau lisensi untuk mengedarkan barang maupun jasa. 

Biaya ini dapat berupa biaya administrasi, biaya pendaftaran, biaya pengawasan, biaya pengurusan dan biaya lainnya.

Berikut beberapa perizinan yang perlu Anda ketahui. 

BPOM

Produk kosmetik yang dijual di Indonesia harus memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Izin ini penting untuk memastikan bahwa produk kosmetik yang Anda jual aman untuk digunakan. 

Biaya registrasi izin edar BPOM untuk produk kosmetik mulai dari Rp100.000 per produk. Biaya ini dapat berubah tergantung jenis produk dan jumlah produk yang diperlukan untuk mendapatkan izin. 

Biaya ini juga dapat ditambah dengan biaya notifikasi kosmetik, yang dibayarkan ke Badan POM untuk setiap produk yang ingin didaftarkan. 

Nomor notifikasi berlaku selama 3 tahun dan setelah itu dapat dilakukan daftar ulang (pembaharuan).

Halal MUI

Selain izin BPOM, produk kosmetik juga memerlukan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia atau MUI. Sertifikasi halal dari MUI ini sangat penting untuk memastikan bahwa produk kosmetik yang diproduksi tidak mengandung bahan-bahan yang dilarang oleh agama Islam. 

Biaya izin MUI untuk kosmetik ditentukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada jenis produk yang akan disertifikasi, tingkat kompleksitas produk yang akan disertifikasi, dan jumlah produk yang akan disertifikasi.

Sebagai gambaran berikut adalah biaya permohonan sertifikasi halal untuk beberapa level bisnis. 

  • Usaha Mikro dan Kecil: Rp300.000,00
  • Usaha Menengah: Rp5.000.000,00
  • Usaha Besar dan/atau berasal dari luar negeri: Rp12.500.000,00

3. Biaya produksi 

Biaya maklon kosmetik untuk pertama kalinya berkisar antara Rp50.000.000 hingga Rp100.000.000. 

Namun, tarif ini bergantung pada jenis produk yang dibuat, formulasi bahan yang diinginkan, dan jumlah produk.

Syarat maklon kosmetik 

Anda yang tertarik untuk menjadi maklon kosmetik, pasti ingin tahu syarat-syaratnya, bukan?. Berikut adalah beberapa persyaratan yang perlu Anda siapkan untuk membuat produk kosmetik di perusahaan jasa maklon. 

1. Adanya konsep produk

Syarat pertama yang perlu Anda siapkan untuk membuat produk kosmetik adalah dengan memiliki konsep produk. Tentukan dulu produk yang hendak Anda buat, apakah Anda ingin membuat skincare, deodorant, atau produk kosmetik seperti apa. 

Jika konsep Anda belum matang, jangan khawatir karena perusahaan jasa maklon biasanya memiliki Tim Business Consultant yang bisa diajak berdiskusi terkait dengan rancangan produk yang hendak Anda buat. 

2. Membayar biaya

Selanjutnya, Anda membayar sejumlah biaya untuk biaya maklon kosmetik. Umumnya, biaya maklon terbagi menjadi tiga yakni commitment fee, biaya pra-produksi, dan biaya pelunasan. 

Komitmen fee dalam biaya maklon adalah biaya yang harus dibayarkan oleh pihak yang memesan produksi kepada pihak yang melakukan proses produksi (biasanya disebut sebagai pihak maklon) sebagai bentuk komitmen untuk melakukan produksi pada jumlah tertentu.

Sementara itu, biaya pra-produksi merupakan biaya yang harus dikeluarkan untuk mempersiapkan produksi sebelum produksi benar-benar dimulai. 

Biaya pra-produksi ini meliputi biaya yang dikeluarkan untuk merancang produk, membuat prototype, menyiapkan alat dan bahan, melakukan uji coba, dan melakukan perencanaan produksi secara keseluruhan.

3. Siapkan pendaftaran nama brand

Syarat yang tidak kalah penting lainnya juga adalah menyiapkan brand yang sudah didaftarkan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). 

Terkait dengan hal ini, ada dua opsi yang bisa Anda pilih yakni mendaftarkan sendiri atau melalui jasa maklon kosmetik. 

Biasanya, perusahaan jasa kosmetik juga memiliki layanan yang membantu pengusaha untuk mendaftarkan brand kosmetiknya ke lembaga terkait. 

Adapun pendaftaran merek biasanya membutuhkan syarat sebagai berikut: 

  • Foto atau scan tanda tangan perusahaan vendor maklon
  • Logo produk
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP

Mengapa menggunakan jasa maklon kosmetik lebih untung? 

Anda sudah memahami biaya yang dibutuhkan untuk membuat dan memasarkan sendiri produk kosmetik. 

Dibandingkan dengan harus membuat pabrik sendiri, menggunakan jasa maklon kosmetik sebenarnya lebih menguntungkan. 

Berikut beberapa alasan mengapa menggunakan jasa maklon kosmetik lebih menguntungkan. 

Biaya produksi lebih rendah

Dalam membuat produk kosmetik sendiri, biaya produksi akan lebih tinggi karena Anda harus membeli semua bahan baku, peralatan, dan bahan kemasan yang dibutuhkan untuk memproduksi kosmetik. 

Sementara itu jika Anda menggunakan jasa maklon kosmetik, biaya produksi dapat lebih rendah karena produsen kosmetik sudah memiliki semua bahan baku dan peralatan yang dibutuhkan untuk produksi.

Selain itu, membangun pabrik sendiri juga cukup berisiko, khususnya buat Anda yang masih pemula dalam bisnis ini. 

Waktu produksi lebih cepat

Dalam memproduksi kosmetik sendiri, Anda harus mempelajari dan menguji setiap bahan baku dan formulasi yang digunakan. Proses ini dapat memakan waktu lama, bahkan bisa berbulan-bulan. 

Sementara jika menggunakan jasa maklon kosmetik, waktu produksi dapat lebih cepat karena produsen kosmetik sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam memproduksi kosmetik.

Perusahaan jasa maklon kosmetik terbaik umumnya telah memiliki departemen research and development yang telah berpengalaman sehingga Anda bisa menyerahkan urusan riset kepada mereka. 

Lebih mudah dalam regulasi

Ada banyak aturan dan regulasi yang harus diikuti dalam produksi kosmetik seperti izin dari BPOM dan Majelis Ulama Indonesia. Jika Anda memproduksi kosmetik sendiri, Anda harus mempelajari semua aturan dan regulasi ini sendiri.

Beda halnya jika Anda menggunakan jasa maklon kosmetik, produsen kosmetik sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam mematuhi semua aturan dan regulasi ini.

Jadi, Anda tidak perlu repot-repot dalam mengurus perizinan dan bisa lebih fokus ke produksi dan penjualan. 

Kualitas produk lebih baik

Produsen kosmetik yang sudah memiliki pengalaman dalam memproduksi kosmetik dapat menghasilkan produk dengan kualitas yang lebih baik daripada jika Anda memproduksi sendiri. Mereka juga memiliki teknologi yang lebih canggih dan kemampuan untuk menghasilkan produk dengan kualitas yang lebih tinggi.

Fokus pada penjualan dan pemasaran

Dalam memproduksi kosmetik sendiri, Anda harus fokus pada produksi dan operasi sehari-hari. Sementara jika menggunakan jasa maklon kosmetik, Anda dapat fokus pada penjualan dan pemasaran produk Anda. 

Hal ini dapat membantu meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar Anda lebih cepat.

Buat produk kosmetik Anda bersama Greenlife Harvest 

Greenlife Harvest adalah perusahaan jasa maklon terkemuka yang menyediakan layanan maklon kosmetik untuk memenuhi kebutuhan industri kecantikan.

Kami menawarkan solusi yang tepat untuk Anda yang ingin memproduksi kosmetik dengan merek Anda sendiri, namun tidak memiliki kemampuan untuk memproduksinya sendiri.

Dengan pengalaman dan keahlian yang telah teruji, kami siap membantu Anda dalam menghasilkan produk kosmetik berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

Greenlife Harvest menggunakan bahan-bahan alami dan ramah lingkungan untuk memastikan produk yang dihasilkan aman dan berkualitas. Dapatkan layanan maklon kosmetik terbaik hanya di Greenlife Harvest.

Pertanyaan seputar biaya maklon kosmetik 

Apa itu biaya maklon kosmetik?

Biaya maklon kosmetik adalah biaya yang harus dibayar oleh perusahaan kosmetik kepada pihak ketiga yang akan memproduksi produk kosmetik mereka. 

Biaya ini mencakup berbagai hal seperti bahan baku, tenaga kerja, mesin dan peralatan, pengemasan, dan biaya administrasi lainnya yang terkait dengan proses produksi. 

Biaya maklon kosmetik dapat bervariasi tergantung pada jenis produk, kuantitas produksi, dan spesifikasi lainnya yang disepakati antara perusahaan kosmetik dan pihak maklon.

Maklon kosmetik minimal berapa?

Rata-rata biaya minimal untuk pertama kali maklon adalah antara Rp50.000.000 hingga Rp100.000.000. 

Namun, biaya ini dapat bervariasi tergantung pada jenis produk yang akan dibuat, formula bahan yang diinginkan, serta kuantitas produk yang akan diproduksi.

Gravatar Image
Syahid Muhammad adalah mantan jurnalis di salah satu media nasional yang saat ini menjadi SEO content writer. Ia banyak menulis mengenai bisnis, finance dan kesehatan. Saat ini juga menjadi penulis lepas di Greenlifeharvest.com untuk memberikan edukasi mengenai informasi maklon, tips, dan bisnis.

Leave a Reply