apa itu detox dan apa manfaatnya bagi tubuh

Apa Itu Detox, Manfaat dan Fungsi Pentingnya untuk Tubuh

Posted on

Apa itu detox? Apakah detox itu hanya salah satu proses rehabilitasi pecandu narkoba? Simak informasi selengkapnya mengenai detox tubuh dan fungsinya di artikel ini.

Kata detox sendiri muncul dari kata detoxsifikasi, yang berarti proses pembuangan racun. Lalu bagaimana cara kita melakukan detox tubuh? 

Apa itu detox?

Detok atau detoxsifikasi juga berarti berbagai macam cara untuk mengeluarkan “racun” dari tubuh. Untuk melakukannya, kita harus melakukan pola hidup sehat dalam jangka waktu tertentu.

Detok dapat kamu lakukan dengan mengatur pola makan. Contohnya seperti berpuasa, dan pantangan untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman selain sayur-sayuran, buah-buahan, jus buah, dan air putih.

Proses detox juga bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi produk detox yang mampu membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Biasanya produk-produk detox ini juga bisa menjaga kesehatan usus besar.

Umumnya orang yang melakukan detox memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuhnya, dan juga menurunkan berat badan.

Secara detail, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh yaitu:

  • Membatasi konsumsi minuman beralkohol
  • Mencukupi jam tidur
  • Menambah konsumsi air putih
  • Berolahraga secara rutin
  • Bermeditasi, untuk menenangkan pikiran
  • Konsumsi jus detox, yaitu jus buah dan sayuran
  • Berpuasa mengonsumsi makanan olahan tinggi gula dan garam
  • Melakukan pola diet detox
  • Jangan minum kafein
  • Konsumsi makanan dengan kandungan tinggi antioksidan
  • Konsumsi makanan dengan kandungan tinggi probiotik

Manfaat detox bagi kesehatan tubuh

Lalu apa manfaat detox bagi tubuh kita? Berikut ini beberapa manfaat detox untuk kesehatan tubuh kita.

1. Membantu memperpanjang umur

Melakukan detox, berarti akan ada peningkatan kesehatan tubuh. Jika tingkat kesehatan seseorang meningkat, maka harapan hidup orang tersebut juga semakin lama. 

Di samping penurunan risiko gangguan kesehatan, pola hidup sehat juga berhubungan dengan angka harapan hidup yang lebih lama.

Seseorang yang menjaga berat badan ideal, tidak berlebihan mengonsumsi minuman beralkohol, punya gaya hidup aktif, dan tidak merokok, ternyata mampu meningkatkan usia harapan hidup hingga 14 tahun.

2. Tingkat kesehatan kulit meningkat

Mudah berminyak pada wajah adalah salah satu tanda kalau tubuhmu perlu menjalani detoxsifikasi. Sebab wajah berminyak juga bisa disebabkan konsumsi makanan berminyak dan berlemak secara berlebihan.

Usai detoxsifikasi, umumnya akan terjadi peningkatan kesehatan pada kulit.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Seorang penderita gangguan pencernaan bisa memperbaiki kondisinya dengan mengikuti pola makan diet detox.

Berpuasa atau membatasi makan bisa meringankan beban usus untuk mengolah makanan yang masuk.

4. Memperkuat sistem imun 

Proses detoxsifikasi memerlukan seseorang untuk mengatur pola makan, mengonsumsi sayur dan buah, serta rutin melakukan olahraga.

Hal-hal tersebut secara tidak langsung dapat bantu memperkuat sistem imun, yang membuat seseorang menjadi tidak gampang jatuh sakit.

5. Menurunkan risiko penyakit kronis

Gaya hidup sehat yang kita lakukan untuk detoxsifikasi, ternyata bisa membantu menurunkan resiko penyakit kronis. Contohnya seperti penyakit diabetes, dan penyakit jantung.

Berikut ini beberapa manfaat detox tubuh lainnyaL

  • Dapat membantu menghilangkan tumpukan lemak di dalam tubuh
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Meningkatkan asupan nutrisi dari sayuran dan buah
  • Menurunkan resiko sakit akibat konsumsi makanan olahan
  • Kesehatan metabolisme tubuh terjaga
  • Menurunkan tingkat stres

Kenapa kita memerlukan detox?

Tanpa kita sadari, tubuh kita menyimpan dan menumpuk berbagai macam zat beracun atau toksin.

Zat beracun ini bisa dihasilkan oleh mikroorganisme yang berhasil masuk ke dalam tubuh. Selain itu, toksin yang diserap oleh tubuh bisa berasal dari asap rokok, asap kendaraan bermotor, atau makanan tidak sehat.

Oleh karena itu, kita memerlukan proses detoxsifikasi untuk mengeluarkan zat-zat beracun tersebut dari dalam tubuh.

Sebab jika tubuh sudah tercemari zat beracun atau toksin, maka kamu akan merasakan beberapa gejala seperti kulit wajah berminyak, kesulitan buang air besar, atau berat badan yang naik turun.

Tubuh perlu detox? Ini tandanya!

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, detoxsifikasi tubuh bisa dilakukan dengan menjalankan pola diet detox.

Pola diet tersebut sebenarnya berfungsi untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan proses detoxsifikasi alami.

Sama seperti sebuah mesin, jika sudah tidak optimal kamu akan merasakan beberapa gejala dari tubuh. Beberapa gejala tubuh sudah memerlukan detoxsifikasi adalah:

  • Mudah pusing tanpa sebab yang jelas
  • Berat badan mudah naik, namun sulit turun
  • Mengalami mood swing
  • Siklus menstruasi tidak teratur
  • Menderita gangguan pencernaan (perut kembung, mual, masuk angin, dan sembelit)
  • Mengalami kelelahan
  • Kesulitan untuk berkonsentrasi
  • Gangguan tidur
  • Mudah muncul jerawat

Makanan untuk detoxsifikasi

Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa Anda masukkan ke dalam pola diet detoxsifikasi.

1. Ketimun

Ketimun memiliki banyak kandungan cairan. Kandungan cairan ketimun dapat membantu meningkatkan kesegaran tubuh.

Untuk mengurangi resiko dehidrasi serta kesulitan buang air besar, kamu bisa menjadikan ketimun sebagai camilan.

2. Brokoli

Sayuran brokoli memiliki kandungan sulforaphane, yang mampu membantu sistem imun tubuh melawan infeksi dalam tubuh.

Brokoli dapat memperkecil resiko berkembangnya sel kanker, dengan melawan zat kimia pemicu kanker serta bantu meningkatkan kemampuan organ hati untuk detoxsifikasi zat beracun dari dalam tubuh.

3. Alpukat

Sebagai buah untuk diet detoxsifikasi, alpukat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan zat toksin.

Buah ini juga memiliki kandungan 20 jenis mineral dan vitamin, sehingga bisa menurunkan resiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

4. Bayam

Jika sedang mencari sayuran yang memiliki kandungan vitamin A, C, E, dan K, maka tidak salah kalau kamu memilih bayam. Sayuran yang satu ini juga memiliki kandungan asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, dan juga tiamin.

Bayam juga mengandung flavanoid yang merupakan anti-oksidan, sehingga bisa dimasukkan sebagai makanan detox. Flavanoid dapat menjaga kadar kolesterol agar tidak mengoksidasi sel.

5. Jahe

Hampir semua orang mengenal rempah yang satu ini. Ya, jahe sering diolah untuk menjadi minuman menghangatkan. Rempah dengan rasa cenderung pedas ini memiliki kandungan tinggi anti-oksidan yang bisa meningkatkan kerja organ ginjal. 

Jahe juga mengandung zat gingerol yang mampu meningkatkan kerja fungsi pencernaan manusia.

6. Bit

Buah bit ini dikenal memiliki fungsi vasodilator, dimana kandungannya bisa bantu memperbaiki aliran darah, mendongkrak fungsi atletik, dan juga meningkatkan fungsi otak.

Buah Bit yang kaya akan serat ini memang lebih cocok dikelompokkan sebagai sayuran, bukan buah-buahan.

7. Kunyit

Zat kurkumin yang ada di dalam setiap kunyit ternyata dapat meningkatkan kerja organ hati dalam mengeluarkan racun dan menjadi penyuplai antioksidan untuk tubuh agar bisa memperbaiki sel rusak.

8. Apel

Buah yang rumornya pernah jatuh ke kepala Isaac Newton ini banyak mengandung serat bernama pektin, yang ternyata dapat membantu membersihkan usus Isaac Newton, dan semua manusia lainnya.

Ya, apel dapat membantu membersihkan usus dari timbunan racun dan makanan tidak tercerna. Hal ini dapat membuat Isaac Newton dan manusia lainnya hidup lebih sehat.

Apa itu detox pada skincare 

Istilah detox belakangan ini juga sering disematkan kepada berbagai produk skincare. Biasanya, istilah detox pada skincare mengacu kepada proses membersihkan kulit, terutama wajah secara menyeluruh.

Selain itu detox pada skincarae juga diyakini dapat menangkal radikal bebas akibat aktivitas di luar ruangan. Jadi, detox ini dapat berperan sebagai cleansing dan sebagai antioxidant yang bagus bagi kulit.

Detox pada skincare biasanya mengandung bahan-bahan seperti charcoal, clay dan mud yang biasa dipakai untuk deep cleansing.

Buat produk herbal Anda sendiri di Greenlife Harvest Group 

Greenlife Harvest Group merupakan perusahaan jasa maklon terbaik di Indonesia yang dapat membantu pelaku usaha untuk memproduksi berbagai produk herbal seperti suplemen, nutrisi, kosmetik hingga skincare.

Greenlife Harvest menggunakan teknologi terbaru yang canggih dan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk menyediakan produk yang efektif dan aman bagi konsumen.

Sebagai perusahaan jasa maklon terkemuka, Greenlife Harvest memberikan layanan one stop solution yang membantu pengusaha membangun brand produk herbalnya sendiri dari A – Z.

Hubungi kontak person kami untuk berkonsultasi mengenai brand produk herbal yang ingin Anda bangun.

Pertanyaan seputar apa itu detox

Apa efek samping dari detox?

Proses detoxsifikasi harus dilakukan dengan benar karena memiliki sejumlah efek samping seperti kekurangan energi akibat pembatasan kalori yang berlebihan, dehidrasi dan mudah mual. Simak apa itu detox serta manfaatnya bagi tubuh dalam artikel berikut ini.

Apa itu detox di skincare

Detox pada skincare umumnya merujuk pada metode untuk membersihkan kulit secara mendalam. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan produk skincare untuk detox bisa memiliki sejumlah efek samping jika tidak dilakukan secara tepat dan pengawasan dokter. Selain itu, pastikan juga produk skincare yang Anda pakai sudah terdaftar di BPOM.

 

Gravatar Image
Syahid Muhammad adalah mantan jurnalis di salah satu media nasional yang saat ini menjadi SEO content writer. Ia banyak menulis mengenai bisnis, finance dan kesehatan. Saat ini juga menjadi penulis lepas di Greenlifeharvest.com untuk memberikan edukasi mengenai informasi maklon, tips, dan bisnis.

Leave a Reply