maklon minuman serbuk kesehatan

Minuman Serbuk Instan: Pengertian, Jenis, dan Tips Memilih Supplier Terbaik

Posted on

Minuman serbuk menjadi salah satu yang cukup diminati saat ini. Bisnis ini memang cukup menjanjikan dan tidak pernah ada matinya. 

Dulu serbuk minuman hanya memiliki aneka rasa buah saja. Namun kini ada minuman serbuk diet, collagen, dan sebagainya.

Yang tentunya membuat bubuk minuman makin diminati. Bahkan margin profitnya hampir mencapai 75% dari modal, lho

Untuk itu, bagi Anda yang berminat dengan pembuatan minuman serbuk instan sebagai ladang bisnis, simak jenis dan tips memilih supplier terbaik berikut ini!

Apa Itu Minuman Serbuk?

Pengertian minuman serbuk menurut BPOM RI adalah jenis produk minuman dengan bentuk bubuk. Produk tersebut didapatkan dari campuran bahan pangan perisa (alami, identik alami, tiruan) dan atau tanpa pemanis.

Minuman serbuk juga disebut sebagai minuman instan karena cepat saji, praktis, mudah pembuatan, dan bisa disimpan dalam waktu lama. 

Untuk cara pembuatan minuman serbuk supaya bisa dikonsumsi bisa ditambahkan air panas, biasa, maupun dingin.

Namun kini seiring dengan perkembangan sektor pangan dan minuman, serbuk minuman juga terus berinovasi. Kini tidak hanya sebagai minuman perasa, biji kopi, coklat, tanaman herbal, dan sebagainya bisa dijadikan minuman bubuk.

Bahkan ada juga minuman serbuk diet hingga minuman serbuk collagen yang dimintai banyak orang karena bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

Cara Pembuatan Minuman Sebuk?

Minuman serbuk instan dibuat dengan berbagai kandungan sesuai permintaan pasar. Ada yang dibuat untuk tujuan pemanis, obat, dan lain-lain. 

Tapi secara umum tahapan pembuatan minuman serbuk adalah sebagai berikut:

1. Ektrasi

Proses pemisahan zat maupun bahan terlarut dan tidak bisa dilarutkan dengan melibatkan pelarut. Proses ini biasanya dilakukan oleh industri farmasi maupun makanan.

2. Proses penguapan atau pengeringan

Selanjutnya dalam pembuatan minuman serbuk ada proses menghilangkan atau mengeluarkan sebagian air. Proses ini disebut dengan penguapan yang melibatkan energi panas.

Tujuan penguapan maupun pengeringan supaya bubuk yang dihasilkan lebih awet karena berkurangnya kadar air dalam bubuk tersebut.

3. Pengemasan

Setelah proses penguapan maupun pengeringan tahap akhir adalah pengemasan. Produk ini biasanya dikemas dalam bentuk minuman sachet.

Tujuannya agar lebih praktis, mudah disimpan, maupun dibawa kemana saja. Karena proses pengemasan itulah minuman serbuk atau bubuk lebih dikenal dengan minuman sachet.

Jenis-Jenis Bubuk Minuman

Secara umum serbuk atau bubuk minuman dibagi 2 macam sebagai berikut:

1. Bubuk mix

Bubuk mix adalah jenis minuman serbuk yang sudah dicampur gula maupun perisa dengan kompisis berimbang. Jadi, Anda tinggal menyeduhnya langsung tanpa memerlukan gula tambahan. Biasanya proses penyajiannya bisa diblender maupun diseduh.

2. Bubuk plain

Selanjutnya bubuk plan adalah jenis minuman yang belum tercampur gula maupun perisa. Jadi, cara penyajiannya bisa ditambahkan gula cair maupun pasir, krimer, susu, karamel, dan sebagainya dengan takaran sesuai selera. Meskipun sudah dicampurkan dengan pemanis rasa dari bubuk tersebut tidak akan hilang maupun terpengaruh.

Jenis-Jenis Minuman Serbuk Instan yang Dikenal di Indonesia

Bubuk minuman instan menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang tidak mau repot. Berikut beberapa jenis minuman instan dalam bentuk bubuk yang dikenal oleh masyarat Indonesia:

1. Minuman instan perisa

Minuman serbuk kekinian yang cukup diminati oleh masyarakat ada jenis bubuk instan perisa. Produk ini diciptakan oleh produsen minuman bubuk dengan beberapa pilihan seperti coklat, kopi, buah, teh, dan rasa lain.

Ada juga produsen minuman bubuk yang berinovasi memecahnya menjadi berapa rasa lain misalnya choco latte merupakan campuran coklat dan kopi, choco stroberi yaitu campuran perisa stroberi dan coklat, serta berbagai rasa lainnya.

2. Minuman instan herbal

Minuman instan herbal adalah jenis minuman serbuk yang berasal dari produk jamu. Artinya, jamu herbal yang dikenal menyembuhkan atau menjaga daya tahan tubuh dikemas dalam bentuk minuman sachet siap minum. Anda tinggal menyeduhnya sesuai kebutuhan untuk mendapatkan khasiat minuman herbal tersebut.

3. Minuman instan suplemen

Selanjutnya ada jenis minuman instan suplemen. Fungsinya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi maupun gizi dalam tubuh, tapi dikemas dalam bentuk serbuk siap minum.

Contoh produknya adalah minuman serbuk collagen yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

4. Minuman instan susu

Seperti namanya minuman instan susu, maka produk ini merupakan produk susu yang sudah melalui proses pemanasan dengan teknologi tinggi. Hasilnya susu bisa dikemas dalam bentuk bubuk instan yang lebih tahan lama. Akibat pemanasan tinggi, kadar gizi dalam susu biasanya berkurang.

Itulah sebabnya produk susu bubuk dibuat dengan campuran bahan lain yang bisa membantu menyeimbangkan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Contoh produknya ada serbuk susu bayi, bubuk susu untuk ibu hamil, dan lain-lain.

5. Minuman instan kopi

Produk serbuk minuman kekinian yang cukup populer dan diminati ada instan kopi. Produk ini berbahan dasar biji kopi yang sudah dihaluskan. Jadi, Anda tinggal menyeduhnya ketika ingin minum kopi.

Produk ini merupakan cara cepat dan praktis untuk menikmati sajian kopi.

6. Minuman instan berenergi

Power drink atau minuman berenergi juga menjadi produk yang cukup diminati. Jenis minuman bubuk satu ini diklaim bisa bisa meningkatkan energi, meningkatkan konsentrasi, bahkan daya tahan tubuh.

Namun dalam serbuk minuman berenergi biasanya banyak mengandung gula dan kafein tinggi. Jadi, ketika dikonsumsi secara terus menerus berisiko tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Kelebihan dan Kekurangan Minuman Serbuk

Minuman serbuk diet dan collagen menjadi produk yang cukup diminati saat ini. Namun, berikut kelebihan dan kekurangan minuman serbuk yang perlu Anda tahu:

Kelebihan minuman serbuk instan:

  • Harga relatif terjangkau
  • Lebih praktis dan mudah dibawa kemana saja
  • Mudah diracik maupun diolah ketika ingin meminumnya
  • Produk minuman serbuk mudah didapatkan di toko terdekat
  • Ada banyak pilihan varian rasa
  • Lebih awet dan daya simpan lama karena melalui proses pengeringan maupun penguapan untuk mengurangi kadar air.

Kekurangan minuman serbuk instan

  • Beberapa produk minuman serbuk mengandung pemanis buatan seperti saccharin dan aspartam.
  • Kandungan gizi dalam minuman serbuk berkurang karena proses pemanasan.
  • Biasanya minuman serbuk mengandung zat pewarna yang dikonsumsi berlebih menyebabkan alergi.
  • Biasanya bahan pengawet dari produk minuman serbuk akan berbahaya jika dikonsumsi jangka panjang.

Prospek Bisnis Minuman Serbuk

Produk minuman serbuk saat ini menjadi bisnis yang cukup diminati. Selain profit yang dihasilkan cukup menjanjikan, minuman serbuk juga banyak peminat. Berkat inovasi produk yang dihasilkan, saat ini banyak kafe hingga restoran yang menawarkan produk minuman modern dan kreatif berbahan dasar minuman serbuk.

Namun hal tersebut tentu sebanding dengan kompetisi akan produsen minuman serbuk. Jadi, Anda yang ingin memulai bisnis ini selain menemukan resep minuman serbuk, rasa, hingga pemasaran harus tahu apa kebutuhan pasar dan inovasi yang harus dilakukan.

Itulah mengapa, kini banyak jasa maklon minuman serbuk yang bisa jadi pilihan. Dengan menggunakan layanan jasa maklon Anda tidak perlu repot mencari resep minuman serbuk sendiri hingga bisa dikemas dan dijual. Produsen minuman serbuk akan membantu menemukan resep, proses pengemasan, hingga izin edar. 

Yang artinya akan memudahkan Anda memiliki merk minuman serbuk Anda sendiri. Jadi, Anda bisa berfokus melakukan pemasaran supaya produk tersebut cepat dikenal orang. Melalui jasa maklon minuman serbuk, Anda bisa mewujudkan memiliki bisnis sendiri tanpa perlu dipusingkan dengan bahan baku hingga proses pengemasan.

Tips Memilih Supplier Minuman Serbuk Kekinian

Permintaan pasar yang cukup tinggi membuat Anda bisa dengan mudah menemukan produsen maupun supplier minuman serbuk. Supaya tidak salah pilih supplier dan berujung merugi atau bahkan kena tipu, simak tips berikut ini.

1. Memiliki stok barang untuk jangka panjang aman

Hal ini penting menjadi perhatian ketika memilih supplier. Tujuannya supaya tidak ada kendala bagi bisnis minuman serbuk Anda di kemudian hari. Jangan lupa, perhatikan juga tanggal kadaluarsa pada produk minuman tersebut. Meskipun punya stok banyak, ketika sudah disimpan dalam jangka waktu lama tentu akan mempengaruhi rasa dan kualitas minuman tersebut.

2. Pilihlah harga minuman serbuk kekinian dari supplier dengan batasan wajar

Jangan sampai tergiur dengan harga murah tapi kualitasnya tidak baik. Umumnya supplier akan memberikan harga terjangkau ketika Anda membeli minuman serbuk dalam jumlah banyak.

3. Berpengalaman pada bidang tersebut

Pilihlah supplier produk minuman serbuk yang sudah berpengalaman di bidangnya. Tujuannya ketika terjadi kendala di kemudian hari supplier tersebut bisa langsung sigap menangani. Pastikan juga supplier tersebut sudah memiliki izin resmi.

4. Lakukan uji coba untuk menjaga kualitas

Melakukan uji coba produk juga perlu Anda lakukan ketika ingin memakai jasa supplier atau maklon minuman serbuk. Supaya kualitas produk yang Anda jual nantinya bisa terjaga. Selain itu melakukan uji coba bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan produk terbaik sesuai dengan riset pasar dan keinginan Anda.

5. Pelayanan cepat dan tepat

Kualitas pelayanan juga perlu Anda perhatikan supaya tidak mengganggu bisnis. Anda bisa melakukan riset apakah supplier tersebut cepat dalam hal stok produk atau tidak. Karena pelayanan yang baik akan membantu Anda tidak kehabisan stok. Yang artinya kepercayaan pelanggan akan tetap terjaga.

Minuman serbuk menjadi bisnis yang cukup menjanjikan saat ini. Permintaan pasar yang terus naik dan inovasi produk yang banyak dilakukan semakin membuat bisnis ini berkembang pesat. Jadi, kalau Anda ingin memulai bisnis minuman serbuk menggunakan jasa makloon adalah pilihan tepat.

Melalui jasa maklon minuman serbuk Anda tidak perlu repot melakukan riset resep, produksi, hingga pengemasan, dan sebagainya. Anda bisa terfokus memikirkan sisi pemasaran supaya lebih cepat dikenal oleh masyarakat.

Gravatar Image
Syahid Muhammad adalah mantan jurnalis di salah satu media nasional yang saat ini menjadi SEO content writer. Ia banyak menulis mengenai bisnis, finance dan kesehatan. Saat ini juga menjadi penulis lepas di Greenlifeharvest.com untuk memberikan edukasi mengenai informasi maklon, tips, dan bisnis.

1 comment

Leave a Reply