jasa maklon sabun mandi

Maklon Sabun – Pengertian, Jenis dan Peluang Bisnisnya

Posted on

Peluang bisnis sabun mandi sebagai salah satu produk body care terbilang sangat menjanjikan. Apalagi dengan kehadiran jasa maklon sabun mandi yang memungkinkan siapa saja untuk berbisnis di dunia personal care dengan budget yang minim. 

Bisnis sabun mandi menarik karena produk ini merupakan kebutuhan semua orang dan akan selalu dibutuhkan terlepas dari kondisi ekonomi. 

Selain itu, sabun mandi juga cukup variannya sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan target market yang ingin disasar. 

Dalam artikel ini, Greenlife Harvest membahas apa itu maklon sabun, manfaat, jenis produk sabun mandi dan peluang bisnisnya. 

Apa itu maklon sabun?

Maklon sabun merupakan jasa pembuatan sabun mandi, baik itu sabun batang maupun cair yang bisa dipesan oleh brand dalam skala produksi yang kecil. 

Dengan adanya jasa maklon, pemilik brand sabun mandi dapat memproduksi produk sabun tanpa harus memiliki pabrik sendiri. 

Dalam praktiknya, pemilik brand dapat memberikan formula dan spesifikasi sabun yang diinginkan kemudian pihak jasa maklon akan membuatkannya untuk pemilik brand

Manfaat maklon sabun 

Dengan menggunakan jasa maklon sabun mandi, pemilik brand dapat menerima berbagai manfaat seperti efisiensi biaya produksi, kemudahan dalam proses izin BPOM dan masih banyak lainnya. 

Berikut manfaat menggunakan jasa maklon sabun. 

1. Biaya produksi lebih efisien 

Manfaat maklon sabun mandi yang paling utama adalah dari segi biaya produksinya yang bisa jauh lebih murah ketimbang harus memproduksi sendiri. 

Jika harus membangun pabrik sendiri, Anda pasti memerlukan investasi yang besar untuk membangun infrastruktur pabrik. Belum lagi dengan bahan baku, biaya tenaga kerja dan masih banyak lainnya. 

Cukup dengan membayar biaya maklon sabun, Anda bisa lebih menghemat biaya produksi sehingga harga jual produk yang Anda tawarkan juga jadi lebih menarik. 

2. Kemampuan produksi lebih baik 

Perusahaan jasa maklon umumnya telah berpengalaman dalam memproduksi berbagai produk personal care dalam skala produksi yang besar dari berbagai brand

Dengan kata lain, kemampuannya dalam memproduksi produk sabun mandi sudah tidak diragukan lagi. 

Selain itu, perusahaan jasa maklon juga memiliki teknologi yang terkini yang bisa membuat proses produksi lebih cepat dan efisien. 

3. Memiliki insight lebih banyak 

Karena memproduksi banyak produk dari berbagai macam brand, perusahaan jasa maklon sabun memiliki insight yang luas mengenai produk dan marketnya. 

Selain itu, perusahaan maklon juga tidak hanya memproduksi satu jenis produk saja. Perusahaan jasa maklon kosmetik misalnya, biasanya memproduksi produk-produk seperti parfum, face care hingga produk body care lainnya.

Sebagai pemilik brand, Anda dapat berkonsultasi terkait dengan tren kecantikan, peluang pasar dan bahan aktif apa yang bagus untuk membuat sabun mandi. 

4. Lebih mudah mengurus legalitas 

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan jasa maklon sabun adalah soal kemudahan dalam mengurus perizinan. 

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, untuk dapat memasarkan sabun mandi Anda perlu mendapatkan izin dari beberapa institusi seperti BPOM dan Halal MUI. 

Bahkan, perusahaan jasa maklon juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan legalitas merek (HKI). 

5. Lebih fokus ke penjualan 

Dengan segala manfaat yang bisa Anda dapatkan di atas, Anda jadi bisa lebih fokus untuk membangun customer dan pada penjualan Anda. 

Anda tidak perlu repot-repot lagi soal memperhatikan proses produksi, quality control dan lain sebagainya. 

Jenis-jenis maklon sabun 

Sebuah membahas peluangnya, ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja sih maklon sabun bisa Anda coba sebagai peluang usaha. 

Dari segi bentuknya, sabun mandi dapat dikategorikan sebagai sabun batang (bar soap), sabun cair (liquid soap) hingga sabun yang berbentuk gel (shower gel).

Berikut adalah jenis-jenis sabun mandi yang bisa Anda pertimbangkan sebagai peluang bisnis. 

1. Maklon sabun batang 

Sabun batang merupakan jenis sabun yang paling banyak digunakan, khususnya oleh masyarakat Indonesia. Bentuknya bisa kotak, oval maupun bulat. 

Sabun batang umumnya terbuat dari campuran minyak nabati maupun minyak hewani dengan alkali seperti natrium hidroksida. 

Campuran kandungan ini menghasilkan reaksi kimia yang disebut saponifikasi yakni reaksi hidrolisis asam lemak/minyak oleh adanya basa kuat sehingga menghasilkan sabun. 

Dari segi produksi, maklon sabun batang lebih unggul karena mudah diproduksi, lebih tahan lama, dan mudah didistribusikan. 

2. Maklon sabun cair 

Menurut Centers for Disease Control and Prevention di Amerika, sabun cair lebih direkomendasikan karena lebih higienis. 

Biasanya, sabun mandi cari disimpan menggunakan kemasan botol yang dilengkapi dengan pump atau flip top.

Saat ini, penggunaan sabun cair juga semakin meningkat seiring dengan semakin beragamnya pilihan sabun mandi cair. 

Sebenarnya, kandungan sabun cair tidak jauh berbeda dengan sabun batang yakni campuran  senyawa alkali dengan minyak nabati maupun hewani. 

3. Maklon sabun gel 

Shower gel merupakan jenis sabun mandi yang memiliki tekstur gel yang bisa memberikan kesegaran dari aroma buah-buahan atau bunga. 

Selain membersihkan kulit dari kotoran, sabun gel juga dapat memberikan kesegaran pada kulit dan tidak membuat kulit menjadi kering. 

4. Maklon sabun pemutih 

Maklon sabun pemutih juga layak Anda pertimbangkan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. 

Jenis sabun ini dirancang khusus agar dapat memutihkan kulit menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. 

Sabun pemutih kulit bekerja dengan menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan noda hitam pada kulit.

5. Maklon sabun cuci tangan 

Sabun cuci tangan atau hand wash merupakan sabun yang dikhususkan untuk cuci tangan. Fungsinya untuk membersihkan tangan dari kotoran, debu dan kuman.

Setelah pandemi Covid 19 terjadi, kesadaran masyarakat untuk selalu mencuci tangan pun meningkat. Ini dapat menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan bagi Anda. 

6. Maklon sabun herbal 

Salah satu produk sabun mandi yang juga banyak disukai saat ini adalah sabun herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, minyak biji anggur dan minyak essensial.

Peluang bisnis maklon sabun herbal ini terbilang cukup menjanjikan meski harus diakui tidak sebesar sabun mandi biasa.

Namun, kesadaran masyarakat yang semakin meningkat mengenai penggunaan bahan-bahan alami membuat produk sabun herbal patut Anda pertimbangkan.

7. Maklon sabun wajah

Sabun wajah adalah sabun yang khusus dirancang untuk membersihkan dan merawat kulit wajah.

Sabun wajah biasanya mengandung bahan-bahan yang lebih lembut dan lebih cocok untuk kulit wajah yang lebih sensitif, karena kulit wajah cenderung lebih tipis dan rentan terhadap iritasi.

Selain itu, sabun wajah juga dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit wajah.

Biaya maklon sabun 

Biaya maklon sabun bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan perusahaan jasa maklon yang bersangkutan. 

Ada beberapa hal yang mempengaruhi besar kecilnya biaya maklon sabun yakni sebagai berikut: 

  • Bahan baku yang digunakan
  • Kuantitas produksi
  • Kemasan yang digunakan
  • Tingkat kustomisasi

Demikianlah pembahasan mengenai maklon sabun dari pengertian, jenis dan manfaat-manfaatnya. Semoga bermanfaat, ya.

Selain sabun, ada juga peluang bisnis lainnya yang bisa Anda pertimbangkan berkaitan dengan produk personal care seperti maklon cleanser dan maklon masker wajah.

Buat produk sabun mandi Anda di Greenlife Harvest 

Greenlife Harvest adalah perusahaan jasa maklon yang siap membantu Anda dalam membuat produk sabun mandi berkualitas dengan berbagai jenis bahan dan kemasan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik dan mengutamakan kepuasan pelanggan dalam setiap produksi sabun mandi yang kami kerjakan. 

Keunggulan dari Greenlife Harvest adalah MOQ (Minimum Order Quantity) yang rendah sehingga cocok buat Anda yang masih pemula dalam bisnis maklon. 

Dengan pengalaman dan keahlian kami dalam bidang ini, kami yakin bisa membantu Anda dalam mewujudkan produk sabun mandi yang berkualitas dan sesuai dengan visi Anda. 

Pertanyaan seputar maklon sabun mandi 

Bagaimana cara maklon produk sabun?

Berikut adalah langkah-langkah umum yang biasanya dilakukan dalam proses maklon produk sabun mandi:

  • Konsultasi dengan pihak perusahaan jasa maklon terkait dengan spesifikasi produk yang ingin dibuat. 
  • Pembuatan sample produk 
  • Melakukan kontrak kerja sama dengan perusahaan jasa maklon
  • Pembayaran Biaya Maklon
  • Pengurusan izin dari BPOM
  • Produksi sabun mandi
  • Quality control
  • Pemasaran 

Apa itu maklon dan contohnya?

Maklon atau singkatan dari “Manufacturing Konsultan” adalah istilah dalam industri yang merujuk pada jasa pihak ketiga untuk memproduksi barang atau produk untuk merek lain. 

Jasa maklon memberikan solusi kepada perusahaan atau individu yang ingin memproduksi produk tertentu, namun tidak memiliki kemampuan atau sumber daya untuk memproduksinya sendiri. 

Gravatar Image
Syahid Muhammad adalah mantan jurnalis di salah satu media nasional yang saat ini menjadi SEO content writer. Ia banyak menulis mengenai bisnis, finance dan kesehatan. Saat ini juga menjadi penulis lepas di Greenlifeharvest.com untuk memberikan edukasi mengenai informasi maklon, tips, dan bisnis.

1 comment

Leave a Reply