Evolene Indonesia-Championship

Evolene Indonesia Championship, Misi Evolene & PT Indo Greenlife Harvest, Bawa Atlet Binaraga Go International

Posted on

PIKIRAN RAKYAT – Gaya hidup masyarakat di kawasan urban saat ini begitu dinamis. Untuk menjaga kebugaran tubuhnya, maka pergi ke gym untuk melakukan aktivitas fitness dan bodybuilding menjadi pilihan.

Olahraga satu ini membuat seseorang lebih fokus, membentuk badan ideal sekaligus menjaga kesehatan. Selain menjadi bagian dari pola hidup sehat, aktivitas ini juga berkembang menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam berbagai ajang.

Di tengah semakin tingginya minat pegiat bodybuilding dan fitness di Tanah Air, ajang kompetisi perdana skala internasional NPC IFBB Pro League bakal digelar di Basketball Hall, Gelora Bung Karno Stadium, Jakarta, 9 Juli 2023 mendatang.

Ajang bertajuk Evolene Indonesia Championship (EIC) inisiasi Evolene bersama PT Indo Greenlife Harvest ini, menjadi wadah para pegiat binaraga agar dapat merasakan atmosfer kompetisi dengan standar dan sertifikasi internasional.

“Kami punya keinginan untuk dapat menghasilkan 1000 atlet fitness dan bodybuilding Indonesia untuk dapat bersaing level internasional”, ucap Christian Dicky, CEO Evolene Indonesia.

EIC adalah ajang regional NPC IFBB Pro League pertama di Indonesia yang menjadi wadah untuk menunjukkan kemampuan, sekaligus langkah awal atlet Indonesia untuk menjadi atlet internasional. Yakni menunjukkan dedikasi dan semangat tinggi pada olahraga ini, sekaligus merasakan pengalaman terjun ke kejuaraan bodybuilding yang lebih profesional.

Kategori dan Kelas

Dalam kejuaraan tersebut, ada 13 kelas dipertandingkan, yang tergabung dalam 3 kategori yaitu Men’s Physique, Men’s Classic Physique dan Men’s Bodybuilding.

Kategori Men’s Physique mempertandingkan 6 kelas, yakni Junior (di bawah 23 tahun), Novice, Open Class A, Class B, Class C dan Overall Champion. Untuk Men’s Classic Physique memiliki 5 kelas seperti Men’s Physique kecuali kelas Junior. Adapun Men’s Bodybuilding memperlombakan kelas lightweight dan heavy-weight.

Peserta akan memperebutkan total hadiah senilai Rp63 juta dan sepeda motor terbaru untuk masing-masing juara pertama dari setiap kelasnya. Peraih juara ke-2 sampai ke-5 juga akan mendapatkan hadiah dengan total senilai Rp750 juta, termasuk kontrak eksklusif Evolene dan dukungan penuh berkompetisi kembali di tingkat selanjutnya.

“Kompetisi ini terbuka untuk semua atlet dari manapun. Dan hadiah kontrak eksklusif bersifat opsional, bisa diambil bisa tidak. Jadi tidak ada keterikatan” jelas Dicky.

Sementara itu, PT Indo Greenlife Harvest berharap ajang ini mampu menjadi dorongan bagi atlet fitness dan bodybuilding Indonesia untuk berkembang dan go international.

“Ini menjadi momentum yang bisa dicontoh oleh brand-brand serupa di Indonesia, dengan begitu kita dapat meningkatkan potensi industri fitness dan bodybuilding di Indonesia,” kata Owner PT Indo Greenlife Harvest, Yono.

Sebagai informasi, EIC adalah ajang bodybuilding yang terdaftar oleh NPC Worldwide. NPC atau National Physique Committee adalah organisasi amateur bodybuilding terbesar di dunia, satu-satunya yang mendapatkan pengakuan oleh IFBB Pro League.

IFBB Pro League adalah liga profesional terbesar untuk atlet binaraga, seperti Mr. Olympia dan Arnold Classics Sport Festival. EIC menjadi langkah awal menuju Mr. Olympia. Setelah memenangkan turnamen EIC, pemenang akan berkompetisi di Pro Qualifier untuk memperebutkan Pro Card. Kemudian, mereka harus berlaga di babak kualifikasi Olympia. Jika mampu terus melaju, mereka bisa bertanding di Mr. Olympia.

Sumber:
https://www.pikiran-rakyat.com/olahraga/pr-016842854/evolene-indonesia-championship-misi-evolene-pt-indo-greenli-bawa-atlet-binaraga-tanah-air-go-international

Leave a Reply